[INFO MUNASPROK : Perjalanan Munasprok dari Masa ke Masa]

24/11/2022


Gedung yang saat ini menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, semenjak berdiri menjadi saksi pergantian kepemilikan melintasi periode 3 zaman. Video ini akan menunjukkan perjalanan gedung melewati masa penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, hingga masa kemerdekaan. Dibangun di masa Hindia-Belanda, gedung ini juga sempat merasakan digunakan sebagai kantor, rumah dinas perwira militer, markas tentara, rumah dinas duta besar hingga akhirnya diabadikan sebagai museum, sumber pembelajaran untuk generasi selanjutnya. 

Semenjak resmi berdiri pada 24 November 1992, Museum Perumusan Naskah Proklamasi dalam mengemban tugas mulia untuk melestarikan, menginformasikan dan mengkomunikasikan kisah dan nilai dari peristiwa perumusan naskah proklamasi dalam konteks sejarah perjuangan bangsa menuju kemerdekaan perlu kiranya mengedepankan partisipasi publik yang senantiasa bersinergi untuk sama-sama merawat ingatan bersama semangat juang para pendahulu untuk mengawal keberlangsungan hidup bangsa yang besar ini.
====

Tidak ada salahnya kita mengucapkan terima kasih dan mendoakan para pendahulu kita karena berkat kerja keras merekalah, maka Museum Perumusan Naskah Proklamasi bisa eksis hingga masa kini. Tim Penelitian Kesejarahan Pendirian Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang dibentuk pada Oktober 1984 terdiri dari:

Penggagas : Prof. Dr. Nugroho Notosusanto (Mendikbud)
Ketua : Drs. Soetopo Soetanto; 
Anggota : Dra. Erry Muchtar; Dra. Rini Yuliastuti; Eka Putra Bhuwana; Yudha B Tangkilisan dan Sri Endah K

#Munasprok #GedungMuseum #MasakeMasa #HUT #30
 

Ditulis oleh :