PERS RELEASE SEMINAR NASIONAL MUNASPROK

23/11/2022


PERS RELEASE SEMINAR NASIONAL MUSEUM PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI

NOVEMBER 2022


Dalam rangka memperingati H U T ke-30 Museum Perumusan Naskah Proklamasi mengadakan kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Museum Membentuk Core Memory Jati Diri Generasi Penerus Bangsa”. Museum yang saat ini sedang mempersiapkan diri memasuki status BLU (Badan Layanan Umum) ditantang untuk mampu mempertahankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga non-profit namun tetap mempertahankan program kegiatan yang menarik untuk semua lapisan masyarakat generasi penerus bangsa.

Dengan berpegang pada tema “Museum Membentuk Core Memory Jati Diri Generasi Penerus Bangsa”, Museum Perumusan Naskah Proklamasi memiliki tujuan penting dalam kegiatan ini yaitu, memberikan informasi kepada masyarakat terkait tugas dan fungsi museum dalam rangka memberikan layanan edukasi seputar sejarah pendirian bangsa sebagai bagian dari usaha internalisasi karakter kebangsaan dan nasionalisme yang kuat melekat (Core Memory) dalam ingatan generasi muda. Serta memberikan informasi kepada masyarakat terkait kebijakan perubahan status museum menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dan implikasinya terhadap kualitas pelayanan dan minat kunjungan museum.

Kegiatan akan dilaksanakan tanggal 24 November 2022 Pukul 09.00 – 12.00 WIB secara luring di Aula Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan daring dengan media Zoom Meeting.

Susunan acara kegiatan sebagai berikut:

  1. Pembukaan oleh MC;
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya;
  3. Laporan Kepala Museum Perumusan Naskah Proklamasi
    - Bpk. Drs. Harry Trisatya Wahyu, MA;
  4. Sambutan Plt. Kepala Museum dan Cagar Budaya
    - Bpk Drs. Pustanto, M.Hum;
  5. Pemberian Plakat kepada Narasumber dan Moderator;
  6. Seremoni Potong tumpeng dan kue ulang tahun;
  7. Pemutaran Film pendek 30 Tahun Kiprah Museum Perumusan Naskah Proklamasi;
  8. Doa;
  9. Pembacaan CV Moderator;
  10. Pembacaan Profil dan Presentasi dari Narasumber 1
    - Sektiadi, S.S., M.Hum ;
  11. Pembacaan Profil dan Presentasi dari Narasumber 2
    - Dr, Erlina Wiyanarti, M.Pd ;
  12. Pembacaan Profil dan Presentasi dari Narasumber 3
    - dr. Aisah Dahlan, CHt, CM.NLP (daring);
  13. Sesi Hiburan oleh Ervin (Musisi);
  14. Sesi Tanya Jawab;
  15. Kesimpulan;
  16. Penutupan (Penyerahan Cinderamata, Sesi Foto).

Pukul 08.30, sebelum kegiatan inti dimulai, seluruh peserta luring dan daring yang sudah hadir akan diajak untuk berkeliling museum dan ditemani oleh Pamong Budaya dan Edukator museum untuk memperkenalkan sejarah di lingkungan proklamasi yaitu pada tahun 1942 – 1949 serta sejarah Gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Demikian sekilas  rangkaian kegiatan Seminar Nasional Museum Perumusan Naskah Proklamasi 2022. Harapan dengan terlaksananya kegiatan ini, tidak hanya berguna untuk generasi penerus bangsa namun juga media museum untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat guna meningkatkan pelayanan museum ke depannya

#NOWANDFOREVERTOREMEMBER #NOVEMBER #MUNASPROK #SEMNAS30TH

 

Kepala Museum Perumusan Naskah Proklamasi

 

TTD

 

Harry Trisatya Wahyu, M A .

Ditulis oleh : Silvia Fransisca r