Lomba Vlog “Tokoh Proklamasi Yusuf Ronodipuro”

19/05/2022


Tokoh Proklamasi Soekarno & Hatta pasti sudah tidak asing lagi diingatan masyarakat karena jasanya yang begitu besar untuk bangsa Indonesia. Tapi bagaimana dengan nama-nama yang lain seperti Moh. Yamin, Ahmad Soebardjo, Sayuti Melik atau bahkan Yusuf Ronodipuro? Tentunya nama-nama tersebut masih asing atau bahkan tidak pernah kita dengar. Padahal, jasa mereka sama besarnya dalam proses perumusan dan penyebarluasan berita proklamasi. Salah satu tokoh yang memegang peranan kunci tersebut ialah Yusuf Ronodipuro.

Yusuf Ronodipuro dikenal karena jasanya yang sangat besar dalam menyiarkan proklamasi kemerdekaan keseluruh Indonesia bahkan dunia. Ia lahir pada 30 September 1919 di Salatiga Jawa Tengah. Memasuki masa penjajahan Jepang, Yusuf yang memiliki minat dalam bidang jurnalistik memutusukan pada tahun 1943 untuk bekerja sebagai seorang wartawan Hoso Kyoku, sebuah radio militer milik pemerintah kolonial Jepang di Jakarta. Kabar menyerahnya Jepang kepada Sekutu pada 14 Agustus 1945 ternyata membangkitkan semangat para pejuang untuk menyegerakan kemerdekaan Indonesia, terutama mereka–mereka yang berasal dari golongan pemuda. Momen yang ditunggu itupun tiba pada 17 Agustus 1945, Republik Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Yusuf kemudian membantu menyebarluaskan kabar kemerdekaan ini melalui radio. Selain menggunakan bahasa Indonesia, digunakan bahasa Inggris agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh dunia internasional. Radio–radio internasional di Inggris, Amerika, dan Singapura berhasil mendengar siaran radio Yusuf. Kabar merdekanya Indonesia pun disebarkan lagi oleh radio–radio internasional ini

Nah, dalam rangka pendukungan Pameran Keliling di Jawa Tengah pada 20-22 Mei 2022, Museum Perumusan Naskah Proklamasi akan melaksanakan kegiatan Lomba Vlog (Video Log) dengan tema “Tokoh Proklamasi Yusuf Ronodipuro”. Kegiatan ini akan diselenggarakan dengan melibatkan para peserta secara daring.

            Dengan mengangkat tema “Tokoh Proklamasi Yusuf Ronodipuro” kami ingin mengenalkan lebih dalam tentang beliau dan juga ingin mengajak kalian untuk ikut dalam membuat karya berupa Vlog. Total hadiah Rp. 7.750.000,- sebagai apresiasi kami untuk partisipan lomba Vlog yang terbaik. Lomba ini kami bagi menjadi dua kategori yaitu Remaja (14-18 tahun) dan Umum (19-25 tahun). Dewan Juri yang terlibat dalam penilaian adalah orang-orang yang berkompeten dibidangnya, antara lain Hendi Johari (Jurnalis Sejarah), Dr. Hayu Lusianawati, M.SI. (Dosen Universitas Sahid Jakarta) dan Aprial Restu Fauzi, S.I.Kom (Konten Kreator).

            Yusuf Ronodipuro mengajarkan kepada kita bahwa untuk memperjuangkan bangsa Indonesia bisa melalui apa saja salah satunya lewat penyiaran, sebagai mana kita ikut membanggakan bangsa Indonesia sesuai dengan cara yang bisa kita lakukan. Untuk informasi lebih lanjut bisa via WhatsApp Admin (0813-16845-577).

 Jangan lupa follow akun sosial media kami : Instagram @Munasprok | Twitter @MuseumNasprok | FB Fanpage Museum Perumusan Naskah Proklamasi | Tiktok @Munasprok | Youtube Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Ditulis oleh :