[INFO MUNASPROK : Webinar Sejarah]

12/08/2021


Sebagai rangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. Yayasan Historika Indonesia (Historika) bekerjasama dengan Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan Taruna Harun Kabir (TAHAKA) melaksanakan webinar sejarah bertajuk “Harun Kabir, Sang Pejuang yang Terlupakan”.

Di zaman revolusi Indonesia (1945-1949), Harun Kabir merupakan tokoh pejuang yang cukup terkemuka di Bogor. Lahir pada 5 Desember 1910, lelaki asal Bandung itu bisa dikatakan memiliki peran yang besar dalam revolusi Indonesia dan sangat dekat dengan Bung Karno. Hal itu diakui oleh Fatmawati Sukarno dalam bukunya “Catatan Kecil Bersama Bung Karno”.

Selama berjuang di Kota Hujan, Harun termasuk aktif memimpin jalannya revolusi lewat Laskar Ciwaringin 33 (diambil dari alamat rumahnya di Bogor). Karena keaktifannya itu, pada 1946, Djenderal Major A.H. Nasution (Panglima Divisi Siliwangi) kemudian mendapuknya sebagai Kepala Staf Brigade Suryakancana Divisi Siliwangi. Bagaimana kiprah Harun Kabir sebagai tentara Republik? Benarkah ia gugur karena sebuah pengkhianatan? 

Dapatkan jawabannya dengan mengikuti Webinar Sejarah bertema "Harun Kabir Pejuang yang Terlupakan" yang akan dilaksanakan pada : 

???? Selasa, 17 Agustus 2021 
???? 15.30 - 17.30 WIB 

Narasumber :
- Edi Sudarjat (Sejarawan Bogor) 
- Hendi Jo (Jurnalis Historia.ID) 

Moderator : Wen Said (Historika Indonesia)

- Tautan pendaftaran : s.id/HarunKabir
- Tautan Zoom Meeting akan diberikan H-1 
- Tersedia e-sertifikat untuk seluruh peserta
- Live Streaming di Youtube Museum Perumusan Naskah Proklamasi
- Narahubung : Basyith 0812-8777-1165 (WhatsApp)

#munasprok #Webinar #AKSI #kelasdaring #HarunKabir #Komunitas

Ditulis oleh :