[HARUS KAMU TAHU : SI Jalak Harupat ]

13/07/2021


Otto Iskandardinata lahir pada 31 Maret 1897 di Bojongsoang, Bandung. Ayah Otto adalah keturunan bangsawan Sunda bernama Nataatmadja. Otto menempuh pendidikan dasarnya di Hollandsch Inlandsche School (HIS) Bandung, kemudian melanjutkan di Kweekschool Onderbouw (Sekolah Guru Bagian Pertama) Bandung. Setelah lulus, Otto melanjutkan sekolahnya di Hogere Kweekschool (Sekolah Guru Atas) di Purworejo, Jawa Tengah. Di sekolah inilah Otto tumbuh sebagai anak dewasa dan mulai gemar membaca. Bacaannya adalah buku dan surat kabar yang berbau politik. Dari kegemarannya membaca, Otto mulai tertarik pada masalah kemasyarakatan, kebangsaan dan perjuangan bangsa.

Pada tahun 1928, Otto masuk ke dalam sebuah organisasi bernama Paguyuban Pasundan cabang Jakarta dan langsung menjadi Sekretaris Pengurus Besar. Pada Desember 1929 Otto terpilih sebagai Ketua Pengurus Besar Paguyuban Pasundan.

Paguyuban Pasundan berdiri di atas dasar keyakinan bahwa bangsa Indonesia pasti merdeka. Otto juga menjadi anggota Volksraad sebagai perwakilan dari organisasi tsb pada 15 Juni 1931 dan tercatat sebagai anggota yang vokal, berani dan non kooperatif terhadap penjajahan. Dari sanalah ia dijuluki “Si Jalak Harupat” yang dalam perumpamaan kosakata Sunda mengandung arti lincah dan tajam lidahnya seperti burung Jalak

#HarusKamuTahu #GarisWaktu28Tokoh #Munasprok 

Ditulis oleh :