[HARI BESAR NASIONAL : Hari Purbakala]

15/06/2021


Tahukah #SahabatDikbud? Pada tanggal 14 Juni 1913 menjadi tonggak sejarah bagi lembaga-lembaga arkeologi/kepurbakalaan di Indonesia karena Dinas Purbakala Hindia Belanda (Oudheidkundige Dienst in Nederlandsch-Indië) secara resmi didirikan. Lembaga tersebut mengerjakan dua fungsi yaitu pelestarian peninggalan purbakala dan penelitian arkeologi.

Dalam kurun waktu 108 tahun ini, berbagai upaya terkait kepurbakalaan di Indonesia telah dilakukan, baik dalam ranah akademis, penelitian, maupun dalam aspek pelestarian. Kebijakan riset kepurbakalaan yang berorientasi pada strategi pembangunan nasional untuk kepentingan masyarakat diharapkan dapat mengungkap nilai-nilai adi luhung dari peradaban masa lampau yang menginspirasi kehidupan sekarang. Nilai-nilai tersebut dapat memperkokoh kebinekaan sebagai jati diri bangsa serta membentuk insan cerdas berkarakter untuk masa depan Indonesia.

Mari #MengungkapMemaknaiMencintai! Selamat Hari Purbakala Nasional, #SahabatDikbud! Semoga kepurbakalaan bisa memperkuat pembangunan karakter kita sebagai bangsa. Yuk, serentak bergerak jaga cagar budaya kita!

Unggah ulang @kemdikbud.ri 

#MerdekaBelajar #HariPurbakala

Ditulis oleh :