[MUSEUM DIGITAL : Rumah Rengasdengklok]

26/04/2021


Menjelang proklamasi kemerdekaan, para pemuda yang tergabung dalam Kelompok Menteng 31 membawa Soekarno-Hatta beserta Fatmawati dan Guntur (istri dan anak Soekarno), dari Jakarta ke Rengasdengklok pada pagi hari 16 Agustus 1945.

Mereka mendesak Soekarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa perlu menunggu perkembangan dari Jepang. Tapi permintaan itu ditolak oleh keduanya. Oleh para pemuda, rumah seorang warga beretnis Tionghoa, Djiaw Kie Siong dipilh sebagai lokasi untuk tempat Soekarno-Hatta diamankan.

Sore harinya, datang Jusuf Kunto dan Achmad Soebardjo yang hendak menjemput Soekarno dan Hatta. Soebardjo menjamin proklamasi kemerdekaan akan lebih cepat terjadi jika keduanya berada di Jakarta. Kalau proklamasi tak terjadi, Soebardjo siap bertanggung jawab. Atas jaminan tersebut, akhirnya rombongan diizinkan kembali ke Jakarta. Esok harinya, Proklamasi pun terlaksana.

#sahabatmunasprok dapat menyaksikan bagaimana diorama peristiwa tsb menggunakan aplikasi Siji yang dapat diunduh di Google Play Store secara gratis 

#museumdigital #siji #munasprok #Rumah #Rengasdengklok #DjiawKieSiong

Ditulis oleh :