[PROFESI DI MUSEUM : Pengelola Data Tata Organisasi dan Tata Laksana]

16/12/2020


Halo #sahabatmunasprok rubrik "Profesi di Museum" hadir kembali nih. Untuk yang baru bergabung, rubrik ini hadir supaya publik tahu apa saja jenis-jenis pekerjaan di museum dan gimana sih cara kerja museum melayani publik. Untuk edisi kali ini, kita kenalan dengan "Pengelola Data Tata Organisasi dan Tata Laksana"

Profesi ini lebih banyak berada di belakang layar, namun peranan profesi ini sangat penting untuk memastikan layanan museum dapat terselenggara dengan optimal.

Berdasarkan Kepmendikbud No. 455-M-2019 tentang Uraian Jabatan di lingkungan Kemdikbud, Pengelola Data Tata Organisasi dan Tata Laksana memiliki rumusan tugas “Melakukan kegiatan pengolaan data dan penyusunan laporan di bidang sistem dan prosedur kerja, sistem administrasi umum, dan tatalaksana pelayanan publik”. Secara garis besar, uraian jabatannya sbb :

• Mengumpulkan data ketatalaksanaan di lingkungan unit kerja dan sumber lain.
• Menginput data ketatalaksanaan di lingkungan unit kerja sesuai format pengolahan data.
• Mengolah data ketatalaksanaan sesuai di lingkungan unit kerja dengan klasifikasinya sebagai bahan analisis.
• Merekapitulasi data ketatalaksanaan di lingkungan unit kerja sesuai dengan jenis data sebagai bahan informasi.
• Memverifikasi dan mengonfirmasi data ketatalaksanaan di lingkungan unit kerja untuk keakuratan data.
• Menyajikan dan menyimpan data ketatalaksanaan di lingkungan unit kerja sesuai dengan prosedur agar mudah digunakan/ditemukan.
• Melayani permintaan data ketatalaksanaan di lingkungan unit kerja sesuai dengan ketentuan

Seorang Pengelola Data Tata Organisasi dan Tata Laksana wajib menguasai pengetahuan tentang prosedur operasional standar pengumpulan dan pengolahan data, berlatarbelakang D3 bidang Administrasi Negara/Sosial Politik/Teknik Informatika/Komputer atau bidang lain yang relevan

Nah, sekarang sudah tau kan tugas seorang Pengelola Data Tata Organisasi dan Tata Laksana. Nantikan edisi "Profesi di Museum" selanjutnya ya !

Infografis : @anisyakoto (DKV Universitas PGRI Indraprasta Jakarta)

#profesimuseum #TataLaksana #munasprok

Ditulis oleh :